Sabtu, 25 Juni 2011

BERNAFAS Dengan PIKIRAN AWET MUDA


Pikiran berhubungan erat dengan pernafasan. Jika seseorang berpikir panjang, ia akan menarik nafas panjang. Bila ia berpikir cepat, nafasnya akan bergetar dengan cepat. Bila pikirannya diguncang kemarahan nafasnya akan kacau balau.
Jika jiwanya seimbang dan tenang, maka begitu pula pernafasannya. Cobalah regangkan badan, dan pada saat yang bersamaan bernafaslah seperti orang yang sedang marah, maka hal itu tidak akan bisa dilakukan (Emmanuel Swedenborg)

Mendapatkan jaringan paru-paru yang sehat dan baik adalah dengan menggunakan paru-paru dengan benar, dengan jalan mengeluarkan semua udara yang kotor dan mengisinya kembali dengan udara bersih dan segar. Salah satu alasan mengapa pernafasan secara yoga menekankan pada pengeluaran nafas yang dalam, pelan dan panjang sehingga sebanyak mungkin udara yang tergenang pada paru-paru diganti dengan udara yang segar.
Lebih banyak udara yang dikeluarkan, lebih banyak udara segar yang memasuki paru-paru.
Jika pernafasan dipelankan, metabolisme tubuh cenderung menurun, hal ini memicu racun metabolis yang harus dikeluarkan oleh jantung dan oksigen yang dibutuhkan lebih sedikit sehingga kerja jantung menjadi lebih ringan. Maka detak jantung seiring dengan berkurangnya pernafasan dari 70 ketukan per menit menjadi 40 atau 30 selama masa latihan pernafasan.

Sebagai hasil dari pernafasan yang perlahan, akan lebih sedikit kerusakan, dan koyakan dalam tubuh; kerja jantung lebih ringan, meredakan tekanan darah,merilekskan tubuh yang tegang dan menenangkan saraf, perasaan menjadi lebih damai dalam tubuh dan pikiran, dan siap memulai aktivitas sehari-hari dengan lebih berenergi dan penuh semangat!

Gerakan Postur dan Pernafasan Yoga yang dipadukan bersama, akan membersihkan dan menstimulir tubuh dengan segala cara, memperbaiki dan mengatur metabolism, menyelaraskan kerja kelenjar, membakar lemak, melenturkan persendian, menstimulir peredaran darah, memperbaiki pencernaan, menambah energy, meremajakan organ dan system tubuh, dengan demikian seorang yang berlatih yoga akan selalu merasa muda dan kelihatan awet muda.

KIAT DALAM BERLATIH SENAM YOGA
1.      Jangan Memaksa diri dan tergesa-gesa
2.      Berlatih 2x sehari atau minimal seminggu 2x
3.      Berlatih dengan tubuh yang bersih
4.      Bernafas melalui hidung
5.      Pakaian yang nyaman
6.      Berlatih dengan perut kosong (2-3 jam setelah makan berat)

Pada akhir latihan, anda seharusnya merasa SEGAR dan BERENERGI, bukannya Lelah. Dengan berlatih secara harmonis, sesuai kondisi tubuh anda, berlatih serius, hati-hati dan konsisten, maka dalam waktu singkat anda akan merasakan sendiri bertambahnya tenaga, kelenturan dan energi baru yang memberi semangat! :-))

1 komentar:

dewi energikyoga balikpapan mengatakan...

Nice to practice everybody!!! :-D